Minggu, 05 Maret 2017

LAPORAN HASIL OBSERVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIDAYAH SINANGGUL 03 KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA



Image result for logo unnes

 LAPORAN HASIL OBSERVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
KELAS V MADRASAH  IBTIDAIYAH AL HIDAYAH SINANGGUL 03
KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA

Disusun guna memenuhi tugas akhir mata kuliah ‘Arabiyyah lil Athfal
Dosen pengampu: Retno Purnama Irawati, S.S., M.A.
 Nailur Rahmawati, S.Pd., M.Pd.i.

Oleh:
Endah Rahmawati
2303413001

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ASING
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2016




KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT  yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan ini guna memenuhi tugas mata kuliah ‘Arabiyyah lil Athfal dengan judul “Laporan Hasil Observasi pembelajaran Bahasa Arab Kelas V Madrasah  Ibtidaiyah Al Hidayah Sinanggul 03 Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara”
Dalam penyelesaian penulisan laporan ini, penulis banyak mendapat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, maka tidak berlebihan kiranya pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1.  Retno Purnama Irawati, S.S., M.A. dan Ibu Nailur Rahmawati, S.Pd., M.Pd.i selaku dosen mata kuliah ‘Arabiyyah lil Athfal.
2.Bapak H. Mat Sofwan, S.Pd. selaku kepala sekolah MI Al Hidayah 03 Sinanggul Jepara yang telah memberikan izin kepada penulis untuk melakukan observasi di sekolat tersebut.
3. Bapak Nur Huda, S.E. selaku guru bahasa arab kelas V MI Al Hidayah  yang telah bersedia menjadi narasumber penulis.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna, banyak kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, penyusun mengharap saran dan kritik yang bersifat membangun untuk memperbaiki laporan ini di masa yang akan datang. Semoga laporan ini bisa memberikan manfaat terutama bagi penyusun dan bagi pembaca pada umumnya. Akhirnya kepada Allah jugalah semuanya kita kembalikan.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

                                                                                                Semarang, Mei 2016

                                                                                                            Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................... ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................... 4
A.    Latar Belakang.......................................................................................................... 4
B.     Rumusan Masalah...................................................................................................... 5
C.     Tujuan Observasi....................................................................................................... 5
D.    Metode Observasi...................................................................................................... 5
E.     Waktu dan Tempat Observasi..................................................................................... 6
F.      Topik Observasi......................................................................................................... 6
BAB II PEMBAHASAN......................................................................................... 7
A.    Profil Sekolah dan Narasumber................................................................................... 7
B.     Hasil Observasi........................................................................................................... 7
C.     Hasil Wawancara........................................................................................................ 8
D.    Pembahasan............................................................................................................... 10
BAB III PENUTUP................................................................................................. 12
A.    Simpulan.................................................................................................................... 12
B.     Saran......................................................................................................................... 12
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................. 13
LAMPIRAN-LAMPIRAN..................................................................................... 14







BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pembelajaran adalah usaha sadar yang dilakukan oleh guru atau pendidik untuk membuat siswa atau peserta didik belajar (mengubah tingkah laku untuk mendapatkan kemampuan baru) yang berisi suatu sistem atau rancangan untuk mencapai suatu tujuan. Suatu pembelajaran akan dikatakan efektif jika proses belajar mengajar bukan saja terfokus pada hasil yang dicapai peserta didik, melainkan bagaimana proses pembelajaran yang efektif mampu memberikan pemahaman yang baik, kecerdasan, ketekunan, kesempatan, dan mutu serta dapat memberikan perubahan perilaku yang diaplikasikan dalam kehidupan (Khanifatul, 2014:15).
Pembelajaran bahasa Asing, khususnya bahasa Arab berbeda dengan mata pelajaran yang lain. Sebab, pengajaran bahasa mengutamakan beberapa keterampilan, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis (Mujib dan Rahmawati, 2012:27).
Dalam pengajaran bahasa Arab guru mempunyai peranan yang sangat penting. Khususnya pada anak usia dini, dimana pada masa-masa ini anak memerlukan pemahaman yang kuat dalam belajar bahasa yang bukan bahasa Ibu mereka. Ia harus berusaha secara terus-menerus membantu peserta didik menggali dan mengembangkan potensinya terdapat kesulitan yang sering dihadapi oleh guru. Selama ini pelajaran bahasa Arab kurang diminati oleh siswa. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya metode pengajaran guru yang belum menarik bagi siswa, pelajaran bahasa Arab yang kurang variatif, serta minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab masih rendah.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang guru dalam mengajar bahasa Arab. Diantaranya adalah adanya upaya yang sangat besar, kreativitas, media pengajaran, serta menggunakan pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran yang berhubungan dengan pengajaran bahasa. (Mujib dan Rahmawati, 2012:27).
Di beberapa sekolah, pembelajaran bahasa Arab sudah diajarkan sejak mereka duduk di sekolah dasar. Salah satu sekolah yang mengajarkan mata pelajaran bahasa Arab di tingkat sekolah dasar adalah MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara. Sekolah ini  merupakan salah satu sekolah yang menjadikan mata pelajaran bahasa Arab sebagai mata pelajaran pokok.
Berdasarkan uraian diatas, penulis telah melakukan observasi mengenai pembelajaran  yang dilakukan di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan masalah di atas, maka tujuan observasi ini adalah :
1.      Bagaimana proses dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran Bahasa Arab di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara?
2.      Bagaimana kurikulum, materi, buku ajar, metode, media, strategi, dan model evaluasi yang digunakan pembelajaran bahasa Arab di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara?
3.      Apa saja kendala yang muncul dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara?
C.    TUJUAN OBSERVASI
1.      Mengetahui proses dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran Bahasa Arab di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara.
2.      Mengetahui  kurikulum, materi, buku ajar, metode, media, strategi,  metode, dan model evaluasi yang digunakan pembelajaran bahasa Arab di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara.
3.      Mengetahui kendala yang muncul dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara.
D.    Metode Observasi
Metode Observasi yang digunakan adalah sebagai berikut :
1.      Wawancara
Metode wawancara ini di lakukan dengan cara tanya jawab langsung dengan narasumber  yang terkait yaitu guru mata pelajaran bahasa Arab yaitu bapak Nur Hadi, S.E.

2.      Observasi
Metode Observasi di lakukan dengan cara mengamati proses kegiatan belajar mengajar di MI Al Hidayah Sinanggul 03.
E.     Waktu dan Tempat
Observasi ini dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2016  pukul 08.10 WIB yang  dilakukan di MI Al Hidayah Sinanggul 03 Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara.
F.     Topik Observasi
Pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara.






















BAB II
PEMBAHASAN
A.    Profil Sekolah dan Narasumber
1.      Profil sekolah    
Nama                             : MI Al Hidayah Sinanggul 03
Tipe                                : Swasta
NPSN                            : 20318704
Alamat                           : Ds. Sinanggul RT 15 RW 03  Mlonggo
Provinsi                          : Jawa Tengah
Kabupaten                     : Jepara
Jenjang                           : SD
2.      Profil narasumber
Nama                             : Nur Hadi, S.E.
Profesi                           : Staf TataUsaha dan Guru Bahasa Arab
Alamat                           : Ds. Sinanggul RT 15 RW 03 Mlonggo Jepara

B.     Hasil Observasi
Dalam kegiatan pembelajaran di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara, metode pembelajaran yang digunakan oleh Guru adalah metode ceramah, tanya jawab dan hafalan. Ketiga metode tersebut digunakan secara bersamaan dalam proses pembelajaran. Untuk menggabungkan ketiga metode diatas, guru mempunyai cara tersendiri. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang diterapkan guru yang di deskripsikan secara naratif , yaitu:
·         Kegiatan Awal (10 Menit)
1.      Guru membuka pelajaran
Guru memasuki ruangan belajar dan menyapa dengan salam. Kemudian peserta didik memberikan salam kepada guru dan membaca do’a sebelum memulai proses pembelajaran.
2.      Guru dan siswa mempersiapkan Perlengkapan Belajar Mengajar
Guru bersama peserta didik mempersiapkan buku-buku pelajaran serta perlengkapan belajar lainnya.

3.      Apersepsi
Setelah perlengkapan belajar mengajar telah dipersiapkan dengan baik. Guru mulai memotivasi peserta didik.
·         Kegiatan Inti (30 Menit)
1.      Guru menjelaskan materi pelajaran
Saat observasi berlangsung, guru menjelaskan materi sebelumnya yaitu mufradat tentang في الفصل . guru membacakan satu-persatu mufradat kemudian siswa diminta untuk menirukan ucapan guru.
2.      Melakukan tanya jawab
Proses tanya jawab antara guru dan peserta didik dilakukan saat guru menjelaskan satu persatu mufradat kemudian guru menanyakan makna atau arti dari mufradat tersebut kepada semua siswa.
3.      Guru meminta siswa untuk menghafal mufradat
Guru membentuk siswa menjadi beberapa pasang sesuai dengan tempat duduk siswa, lalu siswa diminta menghafal mufradat yang sudah dijelaskan oleh guru secara berpasangan, lalu mereka diminta untuk maju ke depan kelas untuk menghafalkan tanpa boleh melihat buku. Siswa yang belum hafal mufradat yang sudah dijelaskan diberi hukuman berupa cubitan dan harus berdiri di depan kelas sampai ia hafal mufradat yang telah dijelaskan.
·         Kegiatan Akhir (10 Menit)
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran.
Diakhir pelajaran, guru bersama peserta didik menyimpulkan kembali materi pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya.
2.      Menutup proses pembelajaran
Guru mengingatkan kembali kepada peserta didik bahwa dipertemuan berikutnya akan diadakan ujian kenaikan kelas. Kemudian bersama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a dan memberikan salam.
C.     HASIL WAWANCARA
a.       Wawancara dengan Guru           
Wawancara dilaksanakan dengan guru bahasa Arab yaitu Bapak Hur Hadi, S.E. dengan hasil:
1.      Kurikulum apa yang digunakan di sekolah ini khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab?
MI Al Hidayah sudah menggunakan kurikulum 2013, tetapi hanya diterapkan di beberapa mata pelajaran saja terlebih mata pelajaran Agama yang salah satunya adalah mata pelajaran bahasa Arab. Di sini pengenalan bahasa Arab diajarkan sejak kelas III. Namun di kelas III kurikulumnya masih berupa muatan lokal. Dalam menerapkan kurikulum 2013 baik guru maupun siswa di MI Al Hidayah tidak terlalu sulit, hanya saja evaluasi yang ada di buku yang digunakan dalam kurikulum 2013 kurang mencukupi sehingga guru harus kreatif untuk mencari soal-soal di buku-buku lain.
2.      Apa saja materi yang diajarkan dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas V ini Pak?
Materi pembelajaran di kelas V sudah sesuai dengan kurikulum 2013. Untuk di semester genap ini hanya ada dua materi saja yang diajarkan yaitu في الفصلdan في المكتبة
3.      Buku ajar yang digunakan didapat darimana pak?
Buku yang saya gunakana berasal dari Kementerian Agama. Sesuai dengan kurikulum 2013.
4.      Strategi pembelajaran yang seperti apa yang Bapak gunakan untuk mengajar bahasa Arab di kelas V?
Saya seringnya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, menghafal, dan latihan soal. Dalam mengajar bahasa Arab di kelas V, empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis sudah diterapkan. Bagi saya yang terpenting anak hafal mufradat, dengan begitu nilainya sudah diatas rata-rata. Menulis dan membaca urutan kesekian. Yang terpenting hafalan, karena menurut saya kalau anak sudah hafal mufradat maka mereka akan mudah mengerjakan soal yang ada di ujian yang penting mereka tau mufradat.
5.      Apakah Bapak sering menggunakan media dalam mengajar?
Saya seringnya menggunakan buku teks. Sebenarnya ada proyektor tapi sudah rusak. Menurut saya untuk mengajar bahasa Arab enak menggunakan metode ceramah. Jadi guru tinggal menjelaskan materi yang ada di buku. Dan buku juga di bawa pulang oleh siswa sehingga mereka bias belajar sendiri di rumah.
6.      Bagaimana model evaluasi yang Bapak gunakan untuk mengevaluasi pembelajaran bahasa Arab di kelas V?
Evaluasi biasanya menggunakan soal-soal yang ada di buku.
7.      Apa saja kendala yang Bapak temui ketika mengajar di kelas V?
Kendalanya paling karena anak-anak nakal dan tidak patuh terhadap gurunya, makanya kadang saya memberi hukuman agak keras kepada mereka yang bandel. Kendala selanjutnya yaitu karena bahasa Arab bukan bahasa kita, sehingga tidak mudah untuk memahaminya.

D.    PEMBAHASAN
Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer saat proses pembelajaran bahasa Arab berlangsung dan wawancara dengan guru, yaitu Bapak Nur Hadi, S.E. diperoleh informasi bahwa aktivitas belajar bahasa Arab siswa MI Al Hidayah khususnya kelas V secara umum tergolong baik. Siswa rajin mencatat materi pelajaran khususnya makna atau arti yang belum dipahami, selalu menyimak guru dengan seksama dan patuh terhadap perintah guru seperti ketika guru memerintahkan siswa untuk menghafal mufradat, semua siswa langsung menghafal mufradat dengan sungguh-sungguh. Namun tetap saja masih ada beberapa siswa kelas V khususnya siswa laki-laki antara lain keluar kelas, bercerita, usil pada temannya, dan tidak menyalin materi pelajaran.
Namun ada beberapa kekurangan dalam pembelajaran bahasa Arab yang observer temui ketika melakukan observasi di kelas dan wawancara dengan guru bahasa Arab.  Beberapa diantaranya adalah:
1.      Rendahnya aktivitas belajar siswa disebabkan karena kurangnya motivasi belajar siswa.
2.      Guru bukan merupakan lulusan bahasa Arab, sehingga kurang menguasai metode, strategi, dan evaluasi yang tepat dalam pembelajaran bahasa Arab.
3.      Guru tidak tepat waktu ketika memulai pelajaran, sehingga materi yang disampaikan belum semuanya selesai.
4.      Metode yang digunakan guru kurang variatif dan terkesan membosankan karena menggunakan metode ceramah dan tanya jawab.
5.      Media yang digunakan kurang menarik dan variatif sehingga siswa tidak antusias dalam mengikuti pelajaran
6.      Sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah kurang memadai.




















BAB III
PENUTUP
A.    SIMPULAN
Berdasarkan pembahasan dan uraian yang telah disajikan terdahulu, maka berikut dikemukakan kesimpulan observasi bahwa proses pembelajaran bahasa Arab di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara  berjalan dengan baik. Namun masih terdapat beberapa kendala yang dikarenakan oleh metode, model atau strategi yang kurang tepat digunakan guru di dalam proses pembelajaran. Sehingga peserta didik merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab dan Proses pembelajaran berjalan dengan kurang  optimal.
B.     SARAN
Berikut ini saran yang disampaikan penulis untuk guru bahasa Arab di MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara pada khususnya adalah:
1.      Lebih meningkatkan lagi variasi dalam menggunakan metode, media, strategi, serta evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab.
2.        Ada baiknya jika guru datang tepat waktu ketika mata pelajaran bahasa Arab.
3.      Ada baiknya jika pengajar atau guru mata pelajaran bahasa Arab sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, yakni berasal dari lulusan pendidikan bahasa Arab.










DAFTAR PUSTAKA
Khanifatul. 2014. Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mujib, Fathul dan Nailur Rahmawati. Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab (2).Yogyakarta: DIVA Press.




























Dokumentasi ketika melakukan observasi mata pelajaran bahasa Arab di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara



 
Guru sedang menjelaskan mufradat

Guru menuliskan mufradat yang belum dipahami oleh siswa

Guru mengevaluasi hafalan mufradat siswa








Semoga bermanfaat :)


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.