LAPORAN
HASIL OBSERVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
KELAS V
MADRASAH IBTIDAIYAH AL HIDAYAH SINANGGUL
03
KECAMATAN
MLONGGO KABUPATEN JEPARA
Disusun guna memenuhi tugas akhir mata kuliah ‘Arabiyyah lil Athfal
Dosen pengampu: Retno Purnama Irawati, S.S., M.A.
Nailur Rahmawati, S.Pd., M.Pd.i.
Oleh:
Endah Rahmawati
2303413001
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ASING
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2016
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan mengucapkan
rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat,
taufik dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan ini guna
memenuhi tugas mata kuliah ‘Arabiyyah lil Athfal dengan judul “Laporan Hasil
Observasi pembelajaran Bahasa Arab Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Sinanggul 03 Kecamatan
Mlonggo Kabupaten Jepara”
Dalam
penyelesaian penulisan laporan ini, penulis banyak mendapat bimbingan dan
bantuan dari berbagai pihak, maka tidak berlebihan kiranya pada kesempatan ini
penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1. Retno
Purnama Irawati, S.S., M.A. dan Ibu Nailur Rahmawati, S.Pd., M.Pd.i selaku dosen
mata kuliah ‘Arabiyyah lil Athfal.
2.Bapak
H. Mat Sofwan, S.Pd. selaku kepala sekolah MI Al Hidayah 03 Sinanggul Jepara
yang telah memberikan izin kepada penulis untuk melakukan observasi di sekolat
tersebut.
3. Bapak Nur Huda, S.E. selaku
guru bahasa arab kelas V MI Al Hidayah yang telah bersedia menjadi narasumber
penulis.
Penulis menyadari
bahwa laporan ini masih jauh dari kata sempurna, banyak kekurangan dan
kekhilafan. Oleh karena itu, penyusun mengharap saran dan kritik yang bersifat
membangun untuk memperbaiki laporan ini di masa yang akan datang. Semoga
laporan ini bisa memberikan manfaat terutama bagi penyusun dan bagi pembaca
pada umumnya. Akhirnya kepada Allah jugalah semuanya kita kembalikan.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Semarang, Mei 2016
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................... ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN....................................................................................... 4
A. Latar Belakang.......................................................................................................... 4
B. Rumusan Masalah...................................................................................................... 5
C. Tujuan Observasi....................................................................................................... 5
D. Metode Observasi...................................................................................................... 5
E. Waktu dan Tempat Observasi..................................................................................... 6
F. Topik Observasi......................................................................................................... 6
BAB II PEMBAHASAN......................................................................................... 7
A. Profil Sekolah dan Narasumber................................................................................... 7
B. Hasil Observasi........................................................................................................... 7
C. Hasil Wawancara........................................................................................................ 8
D. Pembahasan............................................................................................................... 10
BAB III PENUTUP................................................................................................. 12
A. Simpulan.................................................................................................................... 12
B. Saran......................................................................................................................... 12
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................. 13
LAMPIRAN-LAMPIRAN..................................................................................... 14
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pembelajaran adalah usaha sadar yang
dilakukan oleh guru atau pendidik untuk membuat siswa atau peserta didik
belajar (mengubah tingkah laku untuk mendapatkan kemampuan baru) yang berisi
suatu sistem atau rancangan untuk mencapai suatu tujuan. Suatu pembelajaran
akan dikatakan efektif jika proses belajar mengajar bukan saja terfokus pada
hasil yang dicapai peserta didik, melainkan bagaimana proses pembelajaran yang
efektif mampu memberikan pemahaman yang baik, kecerdasan, ketekunan,
kesempatan, dan mutu serta dapat memberikan perubahan perilaku yang
diaplikasikan dalam kehidupan (Khanifatul, 2014:15).
Pembelajaran bahasa Asing, khususnya
bahasa Arab berbeda dengan mata pelajaran yang lain. Sebab, pengajaran bahasa
mengutamakan beberapa keterampilan, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan
berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis (Mujib dan Rahmawati,
2012:27).
Dalam pengajaran bahasa Arab guru
mempunyai peranan yang sangat penting. Khususnya pada anak usia dini, dimana
pada masa-masa ini anak memerlukan pemahaman yang kuat dalam belajar bahasa
yang bukan bahasa Ibu mereka. Ia harus berusaha secara terus-menerus membantu
peserta didik menggali dan mengembangkan potensinya terdapat kesulitan yang
sering dihadapi oleh guru. Selama ini pelajaran bahasa Arab kurang diminati
oleh siswa. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya metode pengajaran guru
yang belum menarik bagi siswa, pelajaran bahasa Arab yang kurang variatif,
serta minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab masih rendah.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan
oleh seorang guru dalam mengajar bahasa Arab. Diantaranya adalah adanya upaya
yang sangat besar, kreativitas, media pengajaran, serta menggunakan pendekatan,
metode, dan strategi pembelajaran yang berhubungan dengan pengajaran bahasa.
(Mujib dan Rahmawati, 2012:27).
Di beberapa sekolah, pembelajaran bahasa
Arab sudah diajarkan sejak mereka duduk di sekolah dasar. Salah satu sekolah
yang mengajarkan mata pelajaran bahasa Arab di tingkat sekolah dasar adalah MI
Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang menjadikan
mata pelajaran bahasa Arab sebagai mata pelajaran pokok.
Berdasarkan uraian diatas, penulis telah melakukan
observasi mengenai pembelajaran yang
dilakukan di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan masalah di atas, maka tujuan observasi ini
adalah :
1.
Bagaimana proses dan langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Bahasa Arab di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo
Jepara?
2.
Bagaimana kurikulum, materi, buku
ajar, metode, media, strategi, dan model evaluasi yang digunakan pembelajaran
bahasa Arab di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara?
3.
Apa saja kendala yang muncul dalam
pembelajaran bahasa Arab di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara?
C.
TUJUAN OBSERVASI
1.
Mengetahui proses dan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran Bahasa Arab di kelas V MI Al Hidayah
Sinanggul 03 Mlonggo Jepara.
2.
Mengetahui kurikulum, materi, buku ajar, metode, media,
strategi, metode, dan model evaluasi
yang digunakan pembelajaran bahasa Arab di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03
Mlonggo Jepara.
3. Mengetahui kendala
yang muncul dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul
03 Mlonggo Jepara.
D.
Metode Observasi
Metode Observasi yang digunakan adalah sebagai berikut :
1. Wawancara
Metode wawancara ini di
lakukan dengan cara tanya jawab langsung dengan narasumber yang terkait
yaitu guru mata pelajaran bahasa Arab yaitu bapak Nur Hadi, S.E.
2. Observasi
Metode Observasi di
lakukan dengan cara mengamati proses kegiatan belajar mengajar di MI Al Hidayah
Sinanggul 03.
E. Waktu dan Tempat
Observasi ini dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2016 pukul 08.10
WIB yang dilakukan di MI Al Hidayah Sinanggul 03 Kecamatan Mlonggo
Kabupaten Jepara.
F. Topik Observasi
Pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03
Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Profil Sekolah dan Narasumber
1. Profil sekolah
Nama :
MI Al Hidayah Sinanggul 03
Tipe : Swasta
NPSN :
20318704
Alamat :
Ds. Sinanggul RT 15 RW 03 Mlonggo
Provinsi : Jawa Tengah
Kabupaten :
Jepara
Jenjang :
SD
2. Profil narasumber
Nama :
Nur Hadi, S.E.
Profesi : Staf TataUsaha dan Guru Bahasa
Arab
Alamat :
Ds. Sinanggul RT 15 RW 03 Mlonggo Jepara
B. Hasil Observasi
Dalam kegiatan
pembelajaran di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara, metode pembelajaran
yang digunakan oleh Guru adalah metode ceramah, tanya jawab dan hafalan. Ketiga
metode tersebut digunakan secara bersamaan dalam proses pembelajaran. Untuk
menggabungkan ketiga metode diatas, guru mempunyai cara tersendiri.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang diterapkan guru yang di deskripsikan
secara naratif , yaitu:
·
Kegiatan Awal (10
Menit)
1. Guru membuka pelajaran
Guru memasuki ruangan
belajar dan menyapa dengan salam. Kemudian peserta didik memberikan salam kepada
guru dan membaca do’a sebelum memulai proses pembelajaran.
2. Guru dan siswa mempersiapkan Perlengkapan Belajar Mengajar
Guru bersama peserta
didik mempersiapkan buku-buku pelajaran serta perlengkapan belajar lainnya.
3. Apersepsi
Setelah perlengkapan belajar
mengajar telah dipersiapkan dengan baik. Guru mulai memotivasi peserta didik.
·
Kegiatan Inti (30
Menit)
1. Guru menjelaskan materi pelajaran
Saat observasi
berlangsung, guru menjelaskan materi sebelumnya yaitu mufradat tentang في الفصل . guru membacakan satu-persatu mufradat
kemudian siswa diminta untuk menirukan ucapan guru.
2. Melakukan tanya jawab
Proses tanya jawab
antara guru dan peserta didik dilakukan saat guru menjelaskan satu persatu
mufradat kemudian guru menanyakan makna atau arti dari mufradat tersebut kepada
semua siswa.
3. Guru meminta siswa untuk menghafal mufradat
Guru membentuk siswa
menjadi beberapa pasang sesuai dengan tempat duduk siswa, lalu siswa diminta
menghafal mufradat yang sudah dijelaskan oleh guru secara berpasangan, lalu
mereka diminta untuk maju ke depan kelas untuk menghafalkan tanpa boleh melihat
buku. Siswa yang belum hafal mufradat yang sudah dijelaskan diberi hukuman
berupa cubitan dan harus berdiri di depan kelas sampai ia hafal mufradat yang
telah dijelaskan.
·
Kegiatan Akhir (10
Menit)
1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran.
Diakhir pelajaran, guru
bersama peserta didik menyimpulkan kembali materi pelajaran yang telah
dipelajari sebelumnya.
2. Menutup proses pembelajaran
Guru mengingatkan
kembali kepada peserta didik bahwa dipertemuan berikutnya akan diadakan ujian
kenaikan kelas. Kemudian bersama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a dan
memberikan salam.
C.
HASIL WAWANCARA
a.
Wawancara dengan Guru
Wawancara dilaksanakan dengan guru bahasa Arab yaitu Bapak Hur Hadi, S.E. dengan hasil:
Wawancara dilaksanakan dengan guru bahasa Arab yaitu Bapak Hur Hadi, S.E. dengan hasil:
1.
Kurikulum apa yang
digunakan di sekolah ini khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab?
MI Al Hidayah sudah
menggunakan kurikulum 2013, tetapi hanya diterapkan di beberapa mata pelajaran
saja terlebih mata pelajaran Agama yang salah satunya adalah mata pelajaran
bahasa Arab. Di sini pengenalan bahasa Arab diajarkan sejak kelas III. Namun di
kelas III kurikulumnya masih berupa muatan lokal. Dalam menerapkan kurikulum
2013 baik guru maupun siswa di MI Al Hidayah tidak terlalu sulit, hanya saja
evaluasi yang ada di buku yang digunakan dalam kurikulum 2013 kurang mencukupi
sehingga guru harus kreatif untuk mencari soal-soal di buku-buku lain.
2.
Apa
saja materi yang diajarkan dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas V ini Pak?
Materi
pembelajaran di kelas V sudah sesuai dengan kurikulum 2013. Untuk di semester
genap ini hanya ada dua materi saja yang diajarkan yaitu في الفصلdan في المكتبة
3.
Buku
ajar yang digunakan didapat darimana pak?
Buku yang saya gunakana
berasal dari Kementerian Agama. Sesuai dengan kurikulum 2013.
4.
Strategi
pembelajaran yang seperti apa yang Bapak gunakan untuk mengajar bahasa Arab di
kelas V?
Saya seringnya
menggunakan metode ceramah, tanya jawab, menghafal, dan latihan soal. Dalam
mengajar bahasa Arab di kelas V, empat keterampilan berbahasa yaitu menyimak,
berbicara, membaca, dan menulis sudah diterapkan. Bagi saya yang terpenting
anak hafal mufradat, dengan begitu nilainya sudah diatas rata-rata. Menulis dan
membaca urutan kesekian. Yang terpenting hafalan, karena menurut saya kalau anak
sudah hafal mufradat maka mereka akan mudah mengerjakan soal yang ada di ujian
yang penting mereka tau mufradat.
5. Apakah Bapak sering menggunakan media dalam mengajar?
Saya seringnya menggunakan
buku teks. Sebenarnya ada proyektor tapi sudah rusak. Menurut saya untuk
mengajar bahasa Arab enak menggunakan metode ceramah. Jadi guru tinggal menjelaskan
materi yang ada di buku. Dan buku juga di bawa pulang oleh siswa sehingga
mereka bias belajar sendiri di rumah.
6. Bagaimana model evaluasi yang Bapak gunakan untuk mengevaluasi
pembelajaran bahasa Arab di kelas V?
Evaluasi biasanya
menggunakan soal-soal yang ada di buku.
7. Apa saja kendala yang Bapak temui ketika mengajar di kelas V?
Kendalanya paling
karena anak-anak nakal dan tidak patuh terhadap gurunya, makanya kadang saya
memberi hukuman agak keras kepada mereka yang bandel. Kendala selanjutnya yaitu
karena bahasa Arab bukan bahasa kita, sehingga tidak mudah untuk memahaminya.
D. PEMBAHASAN
Dari hasil pengamatan
yang dilakukan oleh observer saat proses pembelajaran bahasa Arab berlangsung
dan wawancara dengan guru, yaitu Bapak Nur Hadi, S.E. diperoleh informasi bahwa
aktivitas belajar bahasa Arab siswa MI Al Hidayah khususnya kelas V secara umum
tergolong baik. Siswa rajin mencatat materi pelajaran khususnya makna atau arti
yang belum dipahami, selalu menyimak guru dengan seksama dan patuh terhadap
perintah guru seperti ketika guru memerintahkan siswa untuk menghafal mufradat,
semua siswa langsung menghafal mufradat dengan sungguh-sungguh. Namun tetap
saja masih ada beberapa siswa kelas V khususnya siswa laki-laki antara lain
keluar kelas, bercerita, usil pada temannya, dan tidak menyalin materi
pelajaran.
Namun ada beberapa
kekurangan dalam pembelajaran bahasa Arab yang observer temui ketika melakukan
observasi di kelas dan wawancara dengan guru bahasa Arab. Beberapa diantaranya adalah:
1. Rendahnya aktivitas belajar siswa disebabkan karena kurangnya motivasi
belajar siswa.
2. Guru bukan merupakan lulusan bahasa Arab, sehingga kurang menguasai metode,
strategi, dan evaluasi yang tepat dalam pembelajaran bahasa Arab.
3. Guru tidak tepat waktu ketika memulai pelajaran, sehingga materi yang
disampaikan belum semuanya selesai.
4. Metode yang digunakan guru kurang variatif dan terkesan membosankan karena
menggunakan metode ceramah dan tanya jawab.
5.
Media yang digunakan
kurang menarik dan variatif sehingga siswa tidak antusias dalam mengikuti
pelajaran
6.
Sarana
dan prasarana yang disediakan oleh sekolah kurang memadai.
BAB III
PENUTUP
A. SIMPULAN
Berdasarkan pembahasan dan uraian yang telah disajikan terdahulu,
maka berikut dikemukakan kesimpulan observasi bahwa proses pembelajaran bahasa
Arab di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Kecamatan Mlonggo Kabupaten
Jepara berjalan dengan baik. Namun masih
terdapat beberapa kendala yang dikarenakan oleh metode, model atau strategi
yang kurang tepat digunakan guru di dalam proses pembelajaran. Sehingga peserta
didik merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab dan Proses
pembelajaran berjalan dengan kurang
optimal.
B. SARAN
Berikut ini saran yang disampaikan
penulis untuk guru bahasa Arab di MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara
pada khususnya adalah:
1.
Lebih meningkatkan lagi variasi dalam menggunakan metode, media, strategi,
serta evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab.
2.
Ada baiknya jika guru datang tepat waktu ketika mata
pelajaran bahasa Arab.
3.
Ada baiknya jika pengajar atau guru
mata pelajaran bahasa Arab sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, yakni
berasal dari lulusan pendidikan bahasa Arab.
DAFTAR PUSTAKA
Khanifatul.
2014. Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mujib, Fathul dan Nailur Rahmawati. Permainan
Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab (2).Yogyakarta: DIVA Press.
Dokumentasi ketika melakukan observasi mata pelajaran bahasa Arab
di kelas V MI Al Hidayah Sinanggul 03 Mlonggo Jepara
Guru menuliskan mufradat yang belum dipahami oleh siswa |
Guru mengevaluasi hafalan mufradat siswa
Semoga bermanfaat :)
|
0 komentar:
Posting Komentar